Thermostat Sistem Pendingin Mobil

Thermostat Sistem Pendingin Mobil

sistem pendingin
Jumlah
Shipping Region
Jumlah Barang
Lokasi Penjual
Shipping to
Harga kirim
Share

WhatsApp Form ×

Thermostat Sistem Pendingin Mobil

Thermostat Sistem Pendingin Mobil

Harga :
Ongkos Kirim :




Bayar di Aplikasi

Bayar di Aplikasi OVO & DANA!

Klik tombol Lihat kode QR.
Scan kodenya untuk bayar di app.
Send

Read more

Spesifikasi

Kategori
ID Produk 2177275762919368642

Deskripsi

Thermostat ialah komponen dari mobil yang berfungsi untuk menutup atau membuka aliran pada air pendingin dari mesin menuju radiator. Thermostat itu akan membuka saluran di temperatur 82 derajat celcius, dimana saat suhu mesin ataupun air pada pendingin mencapai tempertaur 82 derajat. Tetapi untuk beberapa tipe mobil lainnya suhu dari kerja thermostat itu sendiri berbeda – beda.

Apabila suhu dari mesin itu telah sampai 82 derajat celcius dan thermostat itu tidak terbuka, akibatnya air dari pendingin hanya akan bersikulasi didalam blok mesin. Hal ini dapat menyebabkan air pendingin itu tidak mengalami pendinginan, karena air pendingin itu tidak mengalir menuju radiator untuk dapat diturunkan temperaturnya. 

Oleh karena itu suhu pada mesin akan terus mangalami kenaikan, dan menyebabkan mesin over heating. Elemen pada mesin itu memuaian atau panas yang berlebihan, dan dapat berakibat fatal. Solusi untuk dapat mencegah  hal ini terjadi,  maka harus diadakan pengecekan thermostat, pada saat  petunjuk di dashboard menunjukkan  terjadinya over heating.

Pengecekan suhu pada pembukaan katup

  • Cek tulisan yang terdapat di thermostat untuk melihat temperatur pada pembukaan katup. Untuk setiap mobil mempunyai temperatur pembukaan katup thermostat yang bermacam-macam.

  • Kedua siapkan air panas sesuai dengan suhu yang tertera pada thermostat. Untuk cara itu periksa dulu suhu air dengan alat pengukur suhu.

  • Masukkan thermostat dan periksa apakah thermostat membuka.

  • Bila thermostat membuka berarti baik, sedangkan bila thermostat tetap menutup, maka thermostat sudah rusak
Pemeriksaan temperatur pembukaan katup



Pemeriksaan tinggi kenaikkan katup

  1. Setelah thermostat membuka, ukur dengan jangka sorong tinggi pembukaan katup.
  2. Minimal kenaikan katup adalah 8 mm. Jika lebih dari 8 mm berarti baik, sedangkan bila kurang dari 8 mm , artinya thermostat sudah rusak.
  3. Gantilah thermostat yang sudah rusak.
Pemeriksaan tinggi kenaikkan katup

Periksa temperature menutup katup

  1. Katup  thermostat harus menutup pada suhu 40 derajat atau kurang. 
  2. Bila pada suhu 40 derajat tidak menutup maka thermostat rusak
  3. Gantilah thermostat yang rusak.

Thermostat dikatakan baik bila hasil dari 3 pemeriksaan di atas menunjukkan hasil baik. Tapi bila satu pemeriksaan saja sudah tidak baik, maka thermostat harus diganti. Thermostat yang tidak membuka, berakibat air pendingin di mesin tidak dapat mengalir ke radiator. Sedangkan bila tinggi kenaikan katup kurang , maka jumlah air pendingin yang masuk ke radiator berkurang. Akibatnya suhu mesin lambat laun akan naik dan terus naik hingga overheating. Dan terakhir bila thermostat tidak bisa menutup. Dampaknya adalah saluran air ke radiator terus terbuka. Air pendingin terus dalam keadaan dingin saat mesin baru hidup. Kondisi ini membuat mesin tidak dapat mencapai suhu kerja mesin. Jadi satu pemeriksaan menunjukkan kerusakan  thermostat, maka akan berdampak pada mesin. 
Read more Sembunyikan

Barang Terkait

barbar