Pemeriksaan Pompa Bensin Mekanik di Mobil

Pemeriksaan Pompa Bensin Mekanik di Mobil

Sistem Bahan bakar
Jumlah
Shipping Region
Jumlah Barang
Lokasi Penjual
Shipping to
Harga kirim
Share

WhatsApp Form ×

Pemeriksaan Pompa Bensin Mekanik di Mobil

Pemeriksaan Pompa Bensin Mekanik di Mobil

Harga :
Ongkos Kirim :




Bayar di Aplikasi

Bayar di Aplikasi OVO & DANA!

Klik tombol Lihat kode QR.
Scan kodenya untuk bayar di app.
Send

Read more

Spesifikasi

Kategori
ID Produk 4386688143475388488

Deskripsi

Dalam melakukan pengiriman bensin dari tangki ke karburator dibutuhkan sebuah pompa bensin. Pompa bensin  bekerja berdasarkan tekanan dari noken as yang menggerakkan tuas pompa sehingga membran di dalam pompa bergerak naik dan turun untuk melakukan penghisapan dan penekanan. 

Membran bekerja  naik dan turun sehingga bensin dapat terhisap masuk dari saluran masuk dan kemudian tertekan keluar melalui saluran keluar. Kerja pompa bensin yang tidak baik membuat suplai bensin ke karburator akan terganggu atau bahkan terputus sama sekali. 

Kosongnya bensin di karburator berakibat  mesin akan mati, pembakaran tidak terjadi karena tidak ada bahan bakar yang masuk ke ruang bakar. Bila suplai bensin berkurang atau melemah ke karburator, nyala  mesin tersendat – sendat, atau biasa dikenal dengan istilah brebet. 

Untuk dapat mengetahui apakah pompa bensin bekerja dengan baik atau tidak? Maka perlu dilakukan pemeriksaan pada unit pompa bensin tersebut. Topik kali ini adalah pompa bensin tipe mekanik.

Pemeriksaan awal

  1. Tes kerapatan katup check valve pada pompa bensin dengan cara memasukkan bensin ke dalam pompa. Periksalah tidak ada bensin yang keluar dari  saluran masuk dan saluran buang, saat  pompa dimiringkan atau dibolak balik. Perhatikan tuas pompa jangan ditekan!
  2. Tekan tuas pompa naik turun, ukur  besar tenaga yang digunakan  untuk menggerakkan tuas pompa tersebut. Besar tenaga inilah yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan pemeriksaan pompa bensin.

Pemeriksaan inti pompa bensin mekanik

  1. Tekan terus tuas pompa naik dan turun. Lalu tutup saluran keluar dengan jari. Rasakan penekanan tuas makin ringan, saat saluran keluar ditutup. Jika tenaga untuk penekanan tuas pompa bensin semakin ringan, maka katup masuk dalam kondisi baik.
  2. Tetap tekan tuas pompa naik turun. Lalu tutup saluran masuk, jika tuas pompa tidak bergerak atau terkunci dengan tenaga penekanan yang sesuai pedoman no2, maka katup keluar dalam kondisi baik.
  3. Tekan tuas pompa naik turun, dan tutup pipa masuk dan pipa keluar, periksa bahwa tuas pompa tidak bergerak atau terkunci. Jika terkunci artinya membran di dalam pompa baik.
  4. Tekan tuas pompa naik turun, lalu tutup lubang hawa di bagian bawah. Jika tuas terkunci dan tidak bergerak sama sekali, artinya oil seal di pompa baik.
Pemeriksaan Pompa Bensin Mekanik di Mobil

Pemeriksaan Pompa Bensin Mekanik di Mobil

Pemeriksan pompa bensin mekanik ini terbuat dari 1 unit utuh. Kita  tidak bisa melakukan pembongkaran pada unit pompa bensin, sehingga untuk melakukan  perbaikannya adalah dengan mengganti 1 unit pompa tersebut dengan yang baru. Sekian cara pemeriksaan pompa bensin mekanik.

Read more Sembunyikan

Barang Terkait

barbar